ikl Kitab Kuning Bahjatul Wasail Terjemahan Bagian (1) - Bintang Songo

Search This Web

Popular Posts

Kitab Kuning Bahjatul Wasail Terjemahan Bagian (1)

Share it:

Kitab Kuning Bahjatul Wasail Terjemahan bagian 1



Pengantar

Buku terjemahan kitab Bahjatul Wasail ini dipersembahkan sebagai salah satu muqobalah untuk mempelajari ringkasan dasar Agama Islam yang cukup lengkap.
Kemungkinan sudah ada terjemahan serupa yang telah beredar di berbagai daerah dan masyarakat. Terjemahan ini berbeda dari yang lain, terutama dalam penjelasan singkat melalui catatan kaki.
Saya sadar sebagai manusia biasa, tentu tidak dapat menyelesaikan terjemahan kitab ini dengan sempurna. Saran, kritik dan koreksi dari pembaca sangat penulis harapkan.
Akhir kata, semoga buku sederhana yang anda tatap ini dapat bermanfaat. Amin . . .
Ilzamul Wafik 

Yogyakarta, 20 Februari 2012




Bahjatul Wasail Terjemahan Syaikh Muhammad Nawawi As-syafiiy Alqodiry memulai kitab ini:



Muqoddimah

Rosululloh Sollallohu „alaihi wasallam bersabda:”Mencari Ilmu itu sangat fardu bagi setiap orang islam”. Di kesempatan lain Beliau juga bersabda:”Siapa yang menempuh jalan pendidikan untuk mencari ilmu, Alloh akan memudahkan kepadanya jalan menuju surga”.
: Keterangan dalam kitab ini secara umum merupakan
ringkasan dari kitab-kitab Imam Al-Ghozali. Siapa yang mengerti dan mengamalkanya, kami mengharap-mendoakan kepada Alloh, semoga dirinya menjadi Ahli Ilmu baik secara zdohir maupun batin Wabillaahittaufiq.

Rukun Islam Rukun-rukun Islam ada 5 :

1. Bersyahadat yakni bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah.
2. Mendirikan Sholat.
3. Menunaikan Zakat.
4. Puasa Bulan Romadhon.
5. Pergi Haji bagi yg mampu.
               
Kesemuanya itu tentu harus disertai dengan ikhlas dan tashdeq(membenarkan). Orang yang tidak ikhlas(dalam menjalankanya) adalah munafiq. Sedangkan orang yang di hatinya tidak membenarkanya adalah Kafir



Pokok Iman kepada Alloh 

Pokok Iman adalah orang harus meyaqini bahwa;
1. Alloh itu ada hanya satu, tidak berteman, tidak ada yang menandingi serta menyerupaiNya.
Apapun tidak ada yang menyamaiNya. Dia adalah Zdat yang maha mendengar lagi maha mengetahui. Dialah yang telah menciptakan lagit-bumi, hidup-mati, taat-maksiat, sehat-sakit dan Alam semesta beserta seluruh isinya.
2. Allohlah yang telah menciptakan seluruh makhluq beserta amal perbuatanya, menentukan rizqi dan umurnya secara pasti(tidak tambah maupun kurang). Tidak ada satu kejadianpun yang lolos dari ketentuan Qodlo-Qodar dan kehendakNya.
3. Alloh Hidup sepanjang masa, maha mengerti, maha berkehendak, maha berkuasa. Dia dapat berfirman, maha mengetahui lagi maha mendengar. Dia dapat mengetahui apa yang tidak dapat dijangkau penglihatan mata dan apa yang tersembunyi didalam dada(hati).
4. Alloh mengetahui segala hal yang rahasia dan samar,
pencipta segala sesuatu, Dia Maha Esa lagi maha penakluk.



*Jika artikel di Website Bintang Songgo dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin.*
Share it:

Islam

Kitab Kuning

iklan

Post A Comment:

0 comments:

searching