ikl Terjemah Alala Kitab Kuning Bab 1 Keutamaan Ilmu Fiqih - Bintang Songo

Search This Web

Popular Posts

Terjemah Alala Kitab Kuning Bab 1 Keutamaan Ilmu Fiqih

Share it:

Keutamaan Ilmu Fiqih



ََاََََْْْْاََْ تفق ْهَ ف ِا انَ ال ِفق َهَ اف َضلَ قا ِئدََ(7)َ ِالى ال ِّبر َوالتق َوى َوا ْع َدلَ قا ِص ِدَ
Ngajio fiqih kerono unggule lan nuduhake # Maring bagus lanwedi allah luwih jejeke.

“Pelajarilah ilmu fiqih karena ilmu fiqih adalah sebaik-baik penuntun menuju kebaikan dan ketakwaan, dan paling lurus dari sesuatu yang lurus"

ه َوال ِعلمَ ال َها ِد ْىَ ِالى سننَ اله َدىَ(8)َه َوال ِح ْصنَ ينج ْىَ ِم َنَ َج ِم ْيعَ الش َدا ِئ ِدَ
Ilmu fiqih kang nuduhake dalan pituduh # Hiyo benteng kang nyelametake sekehe pekewuh.

“ Ilmu fiqih adalah lambang yang menunjukkan jalan hidayah, dan benteng yang menjaga dari setiap sesuatu yang memberatkan ”

Penjelasan :
    Ilmu fiqih secara ta’rif fan ilmu adalah : Ilmu tentang hukum-hukum syari’at yang di ambil dari dari dalil-dalilnya melalui metode ijtihad dari para mujtahid. Ilmu fiqih adalah salah satu ilmu yang sangat vital di samping ilmu tauhid.
Karena tanpa ilmu fiqih ibadah-ibadah yang kita lakukan tidak akan sah, bahkan bila tanpa ilmu fiqih perbuatan kita sehari-hari bisa jadi merupakan kemaksiatn tanpa kita sadari, karena setiap perbuatan orang yang aqil baligh (berakal dan paham) haruslah di dasarkan pada hukum syariat, oleh karena itu sangatlah wajib kita mempelajari ilmu fiqih agar ibadah-ibadah yang kita lakukan. Muamalah yang kita kerjakan sesuai dengan hukum yang telah di tetapkan oleh Allah SWT. dan karena pentingnya ilmu fiqih Umar bin khottob berkata : Janganlah berjual beli di pasarku ini kecuali orang yang tahu fiqih.

   Mengapa Umar berkata seperti itu? karena orang yang tidak tahu ilmu fiqih pasti akan terjerumus pada muamalah yang tidak sah atau malah yang haram mungkin tanpa di sadari. Allah subhanahu wataala berfirman:
Terjemah Alala & Penjelasannya 12

واصبسْ ََف َس َكْ ي َعْ انَّري ٍَْ يَد ُعى ٌَْ َزبَّهُىْ بان َغ َداةْ وان َعشيْ يُسي ُدو ٌَْ وجهَُّْ ََََِِِِِِّ
 ِ“Sabarkan jiwamu bersama orang-orang yang menyembah tuhannya di pagi dan sore hari yang hanya menghendaki ridlo tuhannya”

   Dalam tafsir ayat ini imam ibnu katsir berkata kita di perintahkan untuk bersabar ketika berada di majlis dzikir, arti dari majlis dzikir ini menurut Imam Atho’ilah adalah majlis yang membahas halal haram, bagaimana kita menjual dan membeli bagaimana kita sholat,puasa,zakat,haji dll.
Nabi Muhammad SAW. bersabda :

يا عبد الل سبحاَّ وتعانى بشيء افضم يٍ فقّ فى انديٍ
“ Tidak di sembah Allah SWT. dengan sesutau yang lebih utama dari faham agama ”
Imam syafi’i berkata :





انعهى عهًاٌ عهى انفقّ نلادياٌ وعهى انطب نلابداٌ ويا وزاء ذنك بهغت يجهس
“ Ilmu ada dua untuk menjaga agama dari penyakit jiwa dan ilmu kedokteran untuk menjaga badan dari penyakit jasmani selain dua ilmu itu maka hanya ilmu untuk meramaikan majlis ”
Share it:

Islam

Kitab Kuning

iklan

Post A Comment:

0 comments:

searching