ikl Habib Umar Bin Hafiz: Zikir Bulan Zulhijjah - Bintang Songo

Search This Web

Popular Posts

Habib Umar Bin Hafiz: Zikir Bulan Zulhijjah

Share it:
Habib Umar Bin Hafiz: Zikir Bulan Zulhijjah

Alhamdulillah, hari ini kita memasuki hari pertama bulan Zulhijjah, sebuah hari yang begitu mulia di sisi Allah. Rasulullah ﷺ pernah bersabda: 
مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ
Tidak ada suatu hari yang lebih agung di sisi Allah dan tiada pula hari yang lebih Dia cintai untuk beramal daripada sepuluh hari ini (10 hari pertama bulan Zulhijjah), maka perbanyaklah tahlil, takbir dan tahmid (HR. Ahmad no. 5879). 
Jelas sekali bahwa 10 hari pertama bulan Zulhijjah adalah sebagian dari hari-hari terbaik dalam satu tahun. Banyak amalan yang bisa dikerjakan di 10 hari pertama bulan Zulhijjah. Salah satunya adalah amalan dari ulama besar Yaman,Habib Umar bin Hafiz
Sejalan dengan hadis di atas, zikir yang rutin diamalkan oleh Habib Umar di bulan Zulhijjah begitu padat dengan kalimat tahlil. 
Berikut ini adalah zikirnya:
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُـمَّ إِنِّي أُقدِّمُ إِليْكَ بَيْنَ يَديْ كُلِّ نَفَسٍ وَلَمْحَةٍ وَلَِحْظَةٍ وَخَطْرَةٍ وَطَرْفَةٍ يَطْرِفُ بِهَا أَهْلُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ ، وَكُلِّ شَيءٍ هُوَ فَي عِلْمِكَ كَائِنٌ أَوْ قَدْ كَان أُقدِّمُ إِلْيَكَ بَينَ يَدَيْ ذَلِكَ كُلِّهِ
Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Ya Allah! Aku persembahkan (amalanku ini) kepada-Mu di hadapan setiap tarikan nafas, setiap detik, setiap saat, setiap pikiran, setiap kerlipan mata segala penduduk langit dan bumi, dan setiap sesuatu yang berada di dalam pengetahuan-Mu ataupun yang telah berlaku. Aku persembahkan kepada-Mu di hadapan yang demikian itu semuanya (maksudnya, “Aku persembahkan ini sebagai perlindungan dari kejahatan dari segala hal yang disebutkan dan mencari semua kebaikan yang terkandung di dalamnya”). 
Kemudian membaca ini 10 kali:
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ اللَّيَالِي وَالدُّهُور،لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ الأَيَّامِ وَالشُّهُور
Lā ilāha illa’llāh sebanyak bilangan malam dan siang. Lā ilāha illa’llāh sebanyak bilangan hari dan bulan.
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ أَمْوَاجِ البُحُور،لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ أَضْعَافِ الأُجُور
Lā ilāha illa’llāh sebanyak ombak di lautan. Lā ilāha illa’llāh sebanyak pahala yang dilipatgandakan
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ قَطَرِ الْمَطَر، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ أَوْرَاقِ الشَّجَر
Lā ilāha illa’llāh sebanyak tetesan air hujan. Lā ilāha illa’llāh sebanyak dedaunan di pohon-pohon.
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ الشَّعَرِ وَالوَبَر،لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ الرَّمْلِ وَالْحَجَر
Lā ilāha illa’llāh  sebanyak bilangan rambut dan bulu-bulu (pada semua makhluk). Lā ilāha illa’llāh sebanyak butiran pasir dan bebatuan. 
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ الزَّهْرِ وَالثَّمَر، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ أَنْفَاسِ البَشَر
Lā ilāha illa’llāh sebanyak bunga dan buah-buahan. Lā ilāha illa’llāh sebanyak bilangan nafas manusia.
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ ذُنُوبِنَا حَتَّى تُغْفَر،لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ لَمْحِ العُيون
Lā ilāha illa’llāh  sebanyak bilangan dosa-dosa kita semoga diampuni. Lā ilāha illa’llāh  sebanyak bilangan kedipan mata. 
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ مَا كَانَ ومَا يَكُون، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ تَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُون
Lā ilāha illa’llāh  sebanyak yang telah tercipta dan yang akan diciptakan. Lā ilāha illa’llāh  Dia (Allah) lebih agung daripada apa yang mereka sekutukan.
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُون, لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ في اللَّيْلِ إِذَا عَسْعَس
Lā ilāha illa’llāh  itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan (harta dunia). Lā ilāha illa’llāh  pada malam apabila telah larut. 
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ فِي الصِّبْحِ إِذَا تَنَفَّس،لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ الرِّيَاحِ في البَرَارِي وَالصُّخُور
Lā ilāha illa’llāh pada subuh apabila fajar telah menyingsing. Lā ilāha illa’llāh  sebanyak bilangan angin yang berhembus di padang pasir dan sebanyak bebatuan. 
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ مِنْ يَومِنَا هَذَا إِلَى يَومِ يُنْفَخُ فِي الصُّور لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ عَدَدَ خَلْقِهِ أَجْمَعِين
Lā ilāha illa’llāh dari hari ini hingga Terompet Sangkakala dibunyikan. Lā ilāha illa’llāh sebanyak bilangan seluruh makhluk-Nya.
لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ مِنْ يَومِنَا هَذَا إِلَى يَومِ الدِّين 
Lā ilāha illa’llāh  dari hari ini hingga Hari Pembalasan. 
Setelah membaca 10 kali maka akhiri dengan membaca: 
 فِي كُلِّ لَحْظَةٍ أَبَدَا ، عَدَدَ خَلْقِه، وَرِضَى نَفْسِه، وَزِنَةَ عَرْشِهْ، وَمِدَادَ كَلِمَاتِه
Di setiap saat selamanya, sejumlah ciptaan-Nya, menurut keridhaan-Nya, seberat ‘Arsy-Nya, dan sebanyak tinta tulisan kalimat-Nya. 
Kemudian membaca shalawat di bawah ini sebanyak 10 kali: 
اللَّهُـمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَا اتَّصَلتِ العُيُونُ بِالنَّظَر وَتَزْخَرَفَتِ الأَرَضُونَ بِالْمَطَر، وَحَجَّ حَاجٌّ واعْتَمَر وَلَـبَّى وَحَلَقَ وَنَحَرَ 
وَطَافَ بِالبَيْتِ العَتِيقِ وَقَبَّلَ الْحَجَر وَعَلَى آلِهِ وصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ selagi mata masih bisa memandang, selagi bumi kembali hijau setelah turun hujan, dan orang-orang masih melakukan haji dan umrah, membaca talbiyah, mencukur rambut mereka, melakukan thawaf di Baitullah serta  mencium Hajar Aswad, dan kepada segenap keluarga dan sahabatnya. 
Setelah membaca shalawat sebanyak 10 kali maka akhiri dengan membaca: 
فِيْ كُلِّ لَحْظَةِ أَبَدَاً مِثْلَ ذَالِك
عَدَدَ خَلْقِكَ وَرِضَى نَفْسِكَ وَزِنَةِ عَرْشِكَ وَمِدَادَ كَلِمَاتِك
Di setiap saat selamanya, sejumlah ciptaan-Mu, menurut keridhaan-Mu, seberat ‘Arsy-Mu, dan sebanyak tinta tulisan kalimat-Mu. 
Selamat mengamalkannya. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa share kepada sahabat dan keluarga, jika dirasa bermanfaat. 
Sahabat juga dapat mendownload zikir tersebut dalam bentuk PDF dilink ini . Mudah-mudahan amal ibadah kita semua di awal Zulhijjah ini diterima oleh Allah. Aamiin. 
###

*Jika artikel di Website Bintang Songgo dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin.*
Share it:

Amalan

Doa

Islam

iklan

Post A Comment:

0 comments:

searching