ikl Doa Terbaik adalah Doa Arafah: Habib Umar bin Hafiz - Bintang Songo

Search This Web

Popular Posts

Doa Terbaik adalah Doa Arafah: Habib Umar bin Hafiz

Share it:

Doa Terbaik adalah Doa Arafah: Habib Umar bin Hafiz



Rasulullah ﷺ bersabda:
 خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي
Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah dan sebaik-baik apa yang aku dan para Nabi sebelumku katakan adalah;
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Lā ilāha illallāh, waḥdahu lā sharīka lahu, lahul-mulku wa lahul-ḥamdu, wa huwa `alā kulli shai’in qadīr .
Tiada Tuhan melainkan Allah semata dan tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya lah segala kerajaan dan pujian dan Dialah Maha menguasai atas segala sesuatu (HR. Tirmidzi no. 3585).
Rasulullah ﷺ menyebut kalimat di atas adalah doa, tapi di mana kalimat meminta dari doa tersebut? Apa yang sesungguhnya (sedang) diminta oleh seseorang yang mengucapkan doa tersebut?
Sesungguhnya, jika kamu memahami makna dan menyadari implikasi dari doa tersebut, maka seluruh permintaan terkandung dalam doa di atas.
Jika kamu mengucapkan doa tersebut dengan khusyuk, maka Allah (akan) memperhatikan dirimu dengan penuh perhatian, dan seluruh permintaan umat-Nya, baik di masa lalu dan masa yang akan datang tidak sebanding (nilainya) dengan perhatian yang Allah berikan kepadamu.
Karena itu, orang-orang beriman harus mengucapkan doa tersebut pada hari Arafah, baik ketika mereka melaksanakan haji atau tidak.
Melantunkan doa tersebut dapat menghapuskan dosa-dosa dalam dirimu dan membuatmu kembali menjadi suci. Selain itu, membaca doa tersebut dapat menghilangkan hijab untuk menyaksikan ciptaan-Nya, dengan menegaskan bahwa Allah-lah yang Maha Berkuasa untuk menghidupkan dan mematikan. 
Dengan demikian, tentu tidak ada harapan dan ketakutan selain daripada Allah, dan tidak ada yang bisa diandalkan selain daripada Allah.
Sahabat yang budiman, Semoga dengan melantunkan doa Arafah di atas Allah senantiasa memberikan keberkahan dan keselamatan kepada kita semua. Aamiin.

*Jika artikel di Website Bintang Songgo dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin.*
Share it:

Amalan

Doa

Islam

iklan

Post A Comment:

0 comments:

searching