ikl Humor Sufi: Mendadak Ulama - Bintang Songo

Search This Web

Popular Posts

Humor Sufi: Mendadak Ulama

Share it:

Humor Sufi: Mendadak Ulama
















Seorang pemuda yang berkeinginan menjadi ulama bertanya kepada Nasruddin.
“Berapa lama aku harus belajar agar bisa menjadi seorang ulama?” tanya sang pemuda. 
“20 tahun paling cepat,” kata Nasruddin. 
“Kalau aku belajar dua kali lipat lebih intensif, kira-kira berapa lama?” sang pemuda kembali bertanya. 
“40 tahun,” jawab Nasruddin. 
“Kalau aku belajar tiga kali lipat lebih intensif, kira-kira berapa lama?” sang pemuda bertanya kembali. 
“60 tahun,” jawab Nasruddin. 
“Lho kok, semakin intensif aku belajar, malah semakin lama?” tanya pemuda itu bingung. 
“Semakin intensif kamu belajar, semakin sedikit pula kesempatan mengamalkan ilmu yang telah kau pelajari,” jawab Nasruddin bijak. 
“Lalu berapa lama aku bisa menjadi sepertimu?” pemuda itu kembali bertanya.
“Nah, kalau aku ini bukan ulama, jadi lebih cepat. Tinggal beli jubah dan sorban, lalu bertingkah aneh sepanjang hari,” jawab Nasruddin jujur.
~ Aku (Ibnu Wahab) belajar dari Imam Malik selama 20 tahun. Dan tidak pernah aku duduk bersamanya walau sejenak melainkan aku belajar sesuatu yang baru darinya. 
###




*Jika artikel di Website Bintang Songgo dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin.*
Share it:

Hikmah

Humor

iklan

Post A Comment:

0 comments:

searching