ikl Tanya Kiyai: Takbiran di Luar Hari Raya Id? - Bintang Songo

Search This Web

Popular Posts

Tanya Kiyai: Takbiran di Luar Hari Raya Id?

Share it:

Tanya Kiai: Takbiran di Luar Hari Raya Id?


Pertanyaan (Riri, bukan nama sebenarnya):
Bolehkah mengucapkan atau bertakbir saat hari raya sudah usai? Saya dengar banyak orang mengatakan tidak boleh.
Jawaban (Kiai Muhammad Hamdi):
Terkait hal ini, mari kita kaji hukum takbir saat hari raya dan setelah hari raya agar kita bersama dapat memahami hukum bertakbir secara komprehensif. 
Mazhab MalikiSyafii, dan Hanbali berpendapat bahwa membaca takbir (takbiran) pada hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha adalah sunnah. 
Adapun redaksi kalimat takbir yang biasa dibaca oleh Umar bin Al-KhatthabAli bin Abi Thalib, dan Imam Abu Hanifah adalah sebagai berikut:
اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ
Imam Asy-Syafii mengatakan bahwa kalimat takbir di atas boleh juga ditambah kalimat berikut:
اللَّهُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَلَا نَعْبُدُ إلَّا إيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعَدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ 
Takbir ada dua macam, yaitu:
1. Takbir muqayyad, yaitu takbiran yang dibaca setiap selesai shalat, baik shalat fardhu ataupun shalat sunnah, shalat berjamaah ataupun sendirian. Menurut mazhab Maliki, Syafii, dan Hanbali membaca takbir (takbir muqayyad) setelah shalat wajib adalah sunnah. Sedangkan mazhab Hanafi mengatakan hal tersebut adalah wajib.
2. Takbir muthlaq atau disebut juga dengan takbir mursal, yaitu takbiran yang dibaca tidak terikat dengan pelaksanaan shalat.
Waktu membaca takbir muthlaq di mulai dari terbenamnya matahari hari terakhir bulan Ramadhan dan malam Idul Adha. 
Allah berfirman:
وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur (QS. Al-Baqarah [2]: 18).
Takbir, baik muthlaq atau muqayyad dibaca dengan keras (meninggikan suara) untuk menampakkan syiar hari Id. Takbir bisa dibaca di berbagai tempat (layak). 





Imam An-Nawawi berkata:
يُنْدَبُ التَّكْبِيرُ بِغُرُوبِ الشَّمْسِ لَيْلَتَيْ الْعِيدِ فِي الْمَنَازِلِ وَالطُّرُقِ وَالْمَسَاجِدِ وَالْأَسْوَاقِ بِرَفْعِ الصَّوْتِ، وَالْأَظْهَرُ إدَامَتُهُ حَتَّى يُحْرِمَ الْإِمَامُ بِصَلَاةِ الْعِيدِ
Disunnahkan membaca takbir dengan terbenamnya matahari di malam dua Id di rumah-rumah, jalan-jalan, masjid-masjid dan pasar-pasar dengan meninggikan suara. Pendapat yang paling kuat adalah melanjutkan takbir sampai imam takbiratul ihram shalat Id.
Takbiran Id ini adalah kegiatan yang paling utama. Syeikh Zakaria Al-Anshariberkata:
فَالتَّكْبِيرُ أَوْلَى مَا يَشْتَغِلُ بِهِ لِأَنَّهُ ذِكْرُ اللَّهِ تَعَالَى وَشِعَارُ الْيَوْمِ
Takbir adalah kesibukan paling utama, karena ia zikir kepada Allah dan syiar hari Id.
Takbir di Luar Id
Selain pada waktu-waktu yang telah dijelaskan di atas, maka tidak disunnahkan takbiran, karena takbiran adalah sebagai syiar hari raya dan hari tasyriq. Hukum “tidak disunnahkan” ini mencakup makruh dan khilaf al-aula (sebuah perbuatan menyalahi yang utama atau yang afdhal). 
Al-Khathib Asy-Syirbini berkata:
وَاحْتَرَزَ بِقَوْلِهِ فِي هَذِهِ الْأَيَّامِ عَمَّا لَوْ فَاتَتْهُ صَلَاةٌ مِنْهَا وَقَضَاهَا فِي غَيْرِهَا فَإِنَّهُ لَا يُكَبِّرُ كَمَا قَالَهُ فِي الْمَجْمُوعِ وَادَّعَى أَنَّهُ لَا خِلَافَ فِيهِ؛ لِأَنَّ التَّكْبِيرَ شِعَارُ الْوَقْتِ كَمَا مَرَّ
Dikecualikan dari kalimat “pada hari-hari ini” yaitu apabila seseorang meninggalkan shalat pada hari Id dan tasyriq lalu mengqadhanya pada hari lain, maka ia tidak (disunnahkan) takbiran, sebagaimana pendapat An-Nawawi di dalam Al-Majmu’. Beliau mengakui bahwa ini tidak ada perbedaan pendapat, karena takbir adalah syiarnya waktu sebagaimana keterangan yang lalu.
Hukum tidak disunnahkan takbiran pada selain hari-hari di atas tersebut berlaku jika takbiran dibaca dengan suara keras dan menjadikannya sebagai syiar hari raya. Namun jika takbiran sendirian dengan suara pelan (hanya terdengar oleh diri sendiri) atau di dalam hati dan berniat zikir kepada Allah, tidak berniat menjadikannya sebagai syiarnya hari raya, maka boleh. 
Imam Al-Haramain berkata:
وَهَذَا كُلُّهُ فِي التَّكْبِيرِ الَّذِي يَرْفَعُ بِهِ صَوْتَهُ وَيَجْعَلُهُ شِعَارَ الْيَوْمِ، أَمَّا لَوْ اسْتَغْرَقَ عُمْرَهُ بِالتَّكْبِيرِ فِي نَفْسِهِ فَلَا مَنْعَ مِنْهُ
Ini semua (hukum) dalam takbir yang dibaca dengan meninggikan suara dan dijadikan sebagai syi’arnya hari. Adapun jika seseorang menghabiskan umurnya dengan takbiran di dalam dirinya sendiri, maka itu tidak terlarang.
Sahabat KESAN yang budiman, membaca takbir disunnahkan dilakukan pada dua hari raya baik Idul Fitri dan Idul Adha. Namun jika takbiran sendirian dengan suara pelan (hanya terdengar oleh diri sendiri) atau di dalam hati dan berniat zikir kepada Allah, meski bukan di hari raya, dan tidak berniat menjadikannya sebagai syiarnya hari raya, maka hukumnya boleh. 
Wallahu A’lam bish Ash-Shawabi.
Referensi: Al-Hawi Al-Kabir; Al-Mawardi, Kitab al-Fiqh ‘ala Al-Madzahib Al-Arba’ah; Abdurrahman Al-Jaziri, Mughni al-Muhtaj; Al-Khathib Asy-Syirbini, Kanz Ar-Raghibin; Zakaria Al-Anshari, Minhaj Ath-Thalibin; An-Nawawi.
Share it:

Hukum

Tanya Jawab

iklan

Post A Comment:

0 comments:

searching